Komunitas Relawan Demokrasi Sosialisasikan Pemilu

oleh

REMBANG-cbfmrembang.com, Untuk menyukseskan pesta demokrasi pada 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang menggandeng sejumlah komunitas yang ada di Kabupaten Rembang untuk membantu melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menggunakan hak pilih.

Komunitas Relawan Demokrasi (Relasi) salah satunya, mereka menggelar kegiatan sosialisasi pemilu saat acara Car Free Day (CFD) di alun-alun kota Rembang belum lama ini. Sejumlah kegiatan dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat.
Ketua komunitas Relasi Bahtiar Winarno berujar, kegiatan yang mereka lakukan bertujuan untuk mensosialisasikan tentang pelaksanaan pemilu serentak dan menyadarkan masyarakat agar tidak menjadi Golongan Putih (Golput) pada pemilu mendatang. Selain itu juga menciptakan suasana kondusif selama pemilu berlangsung.

“Selain sosialisasi juga ada penandatanganan petisi bersama oleh masyarakat kemudian ada photobooth terus ada acara semacam ramah tamah antara masyarakat dengan relawan demokrasi,” ujar Bahtiar saat dihubungi CBFM

Saat ini praktik money politics atau politik uang dalam penyelenggaraan pemilihan umum masih menjadi musuh utama demokrasi.

Semangat gerakan tolak money politics yang kerap disuarakan oleh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada tahapan kampanye, masa tenang, hingga proses pemungutan dan penghitungan suara

Bahtiar menambahkan, kegiatan serupa akan dilakukan dibeberapa tempat oleh para relawan demokrasi. Ia berharap dengan upaya ini praktik money politics bisa diminimalisir, utamanya diwilayah kabupaten Rembang.( Rendi/Mifta)