Kepergok Curi HP, Bocah Keterbelakangan Mental Diarak Warga

oleh
Ilustrasi, foto istimewa

KRAGAN – cbfmrembang.com, Seorang anak dibawah umur yang diduga melakukan tindak pidana pencurian diamankan warga di Desa Balongmulyo Kecamatan Kragan Minggu dini hari (03/03/2019) sekitar pukul 01.00 dini hari.

Bocah berinisial A berusia sekitar 16 tahun kepergok mencuri hand phone di dalam sebuah truck yang terparkir ditepi jalan desa setempat. Pelaku sendiri merupakan warga Desa Balongmulyo Kecamatan Kragan. Sedangkan HP yang dicuri milik seorang sopir bernama Hariyadi (45) dan merupakan tetangga dari terduga pelaku.

Setelah berhasil menjalankan aksinya korban melarikan diri, namun rupanya aksi A diketahui oleh warga sekitar. Iapun langsung diamankan warga, bahkan sempat diarak keliling desa.

Beruntung aparat kepolisian yang datang bersama Kepala Desa Balongmulyo berhasil meredam suasana.

Kapolsek Kragan, Iptu Setiyanto melalui Kanit Reskrim Polsek Kragan, Aipda Solikan menyatakan sebelum peristiwa ini, tersangka sudah beberapa kali mengambil barang milik orang lain. Namun warga cenderung memaklumi, karena tersangka dianggap mengalami keterbelakangan mental.

Usai kejadian Minggu dini hari, pihak keluarga pelaku dan pihak desa berkoordinasi dengan Dinas Sosial, menyangkut penanganan anak tersebut.

“Kalau dulu ambilnya kecil – kecilan, tapi warga memaklumi, lha karena kondisi anaknya kayak gitu. Kemarin mau ditaruh di panti sosial, tapi nggak jadi, karena diajak saudaranya ngernet truk. Ternyata ini kejadian lagi mencuri HP. Kalau tindak anarkhis yang berlebihan sich nggak, cuman warga penginnya membuat anak ini kapok, “ jelasnya.

Setelah dilakukan mediasi, antara keluarga pelaku dan pemilik HP sepakat berdamai, dan tidak diteruskan ke proses hukum. Pelaku diminta untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. (Asmui/Mifta)