Kemenag Rembang Luncurkan Program PTSP, Dengan Menyantuni Janda

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang, Rabu petang (22/5/2019) meluncurkan program Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau (PTSP).

PTSP merupakan jenis layanan perijinan yang semula manual saat ini dapat diakses secara online. Dengan system ini, semua perijinan dapat dikeluarkan melalui satu pintu, tanpa persyaratan yang sulit dan transparan.

ARAK-ARAKAN JALUR PANTURA REMBANG DIALIHKAN

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah Muslim menjelaskan, selama tiga hari kedepan PTSP akan dilakukan uji coba untuk 52 jenis pelayanan perijinan yang bisa diakses masyarakat luas melalui internet. Jika tidak ada kendala, maka PTSP rencananya akan di launching mulai pekan depan.

Contoh layanan perijinan yang dapat dilayani melalui PTSP yaitu, pelayanan rekomendasi umrah serta izin operasional pondok pesantren, madrasah diniyah, dan Taman Pendidikan Alquran atau (TPQ).

Menurutnya, dengan adanya pusat pelayanan terpadu di Kantor Kemenag, sistem pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih simple, serta dapat menghindari aksi birokrasi yang curang.

“Ada 52 titik pelayanan yang akan bisa diminta oleh masyarakat melalui PTSP, yang secara efektif, murah, efisien, sederhana di dalam birokrasinya. Dan tidak harus ketemu dengan pejabat, untuk menghindari birokrasi yang tidak baik dan birokrasi yang, ya begitu-begitu itu,” ujarnya.

Mengenai jam operasional PTSP dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB pada hari biasa. Untuk hari jumat buka sejak pukul 08.00 sampai 14.30 WIB. Selama bulan Ramadan PTSP akan tutup pada pukul 15.00 WIB.

“Kita akan mencoba melayani semaksimal mungkin. Untuk di level kecamatan belum ada PTSP,” imbuhnya.

Disinggung mengenai penggunaan peralatan system PTSP, ia mengaku, pelayanan yang dilakukan sudah didukung dengan SDM yang memadahi, serta, dilengkapi dengan peralatan yang sudah standar operasional pelayanan.

Selain meresmikan Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Pihak Kemenag Rembang, di hari yang sama juga melakukan kegiatan buka bersama yang diisi dengan santunan terhadap ratusan yatim piyatu, dan para janda. ( Asmui / Mifta )