Jelang Lebaran, BHR Rembang Gelar Pantauan Hilal

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com. Tim Badan Hisap Rukyat atau ( BHR ) Kementrian Agama Kabupaten Rembang akan menggelar rukyat dan pemantauan hilal, pada hari Kamis ( 14/06/2018 ) sore ini.

Pemantauan hilal untuk menentukan 1 Syawal 1439 H akan dilaksanakan di Pantai Karang Jahe Beach di Desa Puljolharjo Kecamatan Rembang kota.

Kepala Kemenag Rembang Athoillah Muslim melalus Humasnya Iqo’ mengatakan, prediksi sementara 1 Syawal jatuh pada hari Jum’at 15 Juni 2018 besok.

Meski demikian, ia menimpali, masyarakat dihimbau tetap tenang, dan menunggu hasil dari sidang isbat yang akan digelar Kementerian Agama Republik Indonesia kemungkinan malam nanti.

” Pemantuan hilal akan diadakan sore nanti mas, di Karang Jahe. Ya kemungkinan besok mas, tapi kita harus menunggu hasil keputusan pemerintah,” kata Humas Menag Rembang.

Selain tim dari BHR Menag, Lajnah Falaqiyah Nahdlatul Ulama PCNU Rembang juga akan mengikuti kegiatan pemantauan hilal bersama Kemenag.

Di Jawa Tengah, ada 12 titik yang biasa menjadi tempat kegiatan Rukyatul Hilal.

Diantaranya, Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, Masjid Giribangun Banyumas, Pantai Jatimalang Purworejo, Assalam Observatory Sukoharjo, Pantai Kartini Jepara, STAIN Pekalongan, Pantai Segolok Batang, Pantai Longending Kebumen, Pantai Karangjahe Rembang, Pantai Alam Indah Tegal, Pantai Tanjungsari Pemalang, dan Universitas Muria Kudus. ( Asmui / Mifta )