Hari Pertama Dibuka Pendaftaran, Belum Ada Caleg Mendaftar Di KPU Rembang

oleh
Foto kantor KPU Rembang

REMBANG – cbfmrembang.com, Sejak pertama kali dibuka pendaftaran Calon legislatif atau (Caleg) untuk Pemilu 2019. Pendaftaran dibuka sejak 04 Juli 2018 kemari, belum ada satu partai politik yang mendaftarkan Calegnya ke KPU Rembang.

Hal itu diungkapkan komisioner KPU Rembang Nurul Muasiroh, saat dihubungi wartawan cbfmrembang.com. Ia mengaku sudah menyiapkan semua berkas untuk penerimaan pendaftaran bakal calon. Pendaftaran bakal Calon legislatif sendiri dilakukan oleh partai politik.

“Sejauh yang kemarin belum, tapi kita sudah siapkan berkas untuk pendaftaran karena nanti itu yang membawa parpol,” kata Nurul melalui saluran hand phone.

Nurul menambahkan, tanggal 3 Juli kemerin, KPU Rembang sudah melakukan sosialisasi dengan mengundang beberapa pihak. Diantaranya, partai politik dan stakeholder seperti BKD, Tapem, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, dan RSUD untuk menjelaskan mekanisme pendaftaran.

Sosialisasi juga terkait pengurusan berkas secara personal, maupun yang harus dipenuhi oleh partai politik. Seperti, tata cara melakukan cek kesehatan bakal calon, surat keterangan dari kejaksaan yang menyatakan tidak pernah diancam hukuman 5 tahun, maupun terlibat tindak pidana korupsi.

“Kami sudah melakukan sosialisasi yang sebetulnya dengan tim pengubung untuk menyampaikan bagaimana memasukkan berkas pendaftaran Caleg. Kemudian kami tanggal 3 Juli mengundang Parpol dan stakeholder terkait, sperti BKD, Tapem, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, kemudian rumah sakit untuk melakukan sosialisasi dan beberapa hal perlu diketahui oleh bakal Calon legislatif,” bebernya.

Sampai saat ini proses pendaftaran dan penerimaan bakal calon legislatif, masih mengacu kepada PKPU No 20 Tahun 2018. ( ASMUI / MIFTA )