Gangguan Jiwa Bisa Disembuhkan Dengan Dukungan Keluarga

oleh

PAMOTAN-cbfmrembang.com, Puskesmas Pamotan kini menyasar pada penanganan kesehatan jiwa. Sebagai langkah awal mereka mendata jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Hingga akhir April ini jumlah penderita gangguan jiwa ada 71 orang, dan 3 diantaranya terpasung. Ada dua penyebab gangguan jiwa, yaitu organik atau yang disebabkan adanya kelainan fungsi organ otak dan non organik yang disebabkan terganggunya psikis.

Kepala Puskesmas Pamotan dokter Nur Khotib mengatakan untuk saat ini yang menjadi fokus intervensinya adalah orang gila karena psikis. Ia yakin gangguan jiwa jenis ini bisa disembuhkan asal ada dukungan dari keluarga.

“Untuk penyembuhan ODGJ harus ada penyadaran keluarga. Meskipun saat ini kita semangatnya masih untuk validasi dulu sambil yang perlu perhatian lebih kita kunjungi. Kita pastikan ODGJ yang terpasung kita kunjungi kita kasih pemahaman baik di keluarganya maupun aparat pemdes bahwa pada prinsipnya ada peluang. Tapi puskesmas tidak bisa sendirian karena kalau sudah kita obati sudah diterapi ujung-ujungnya yang harus memantau di rumah adalah keluarga,” terangnya.

Pengobatan gangguan jiwa memang membutuhkan waktu yang lama, apalagi yang sudah menderita cukup lama. Karena pada prinsipnya semakin cepat ditangani semakin mudah disembuhkan, sedangkan masalah biaya pemerintah sudah menyediakan obat gratis. ( Ita / Mifta )