DPKP Buatkan SPAM Gratis Untuk Warga

oleh

REMBANG-cbfmrembang.com, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) membuat enam Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di sejumlah desa 2018 ini. Diantaranya Desa Lodan Kecamatan Sarang, di Desa Jukung dan Pasedan Kecamatan Bulu, di Desa Kemadu Kecamatan Sulang, di Desa Kajar Kecamatam Lasem dan di Desa Jadi Kecamatan Sumber.

Sigit Purnomo Kabid Kawasan Permukiman DPKP Rembang menyebutkan enam paket SPAM yang dilelang, nilai lebih dari Rp. 200 juta. Anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Ia menjelaskan pembuatan SPAM tersebut berdasarkan perencanaan dari PDAM Rembang yang nantinya selaku pengelola. Pada dasarnya DPKP membantu PDAM dan masyarakat yang kurang mampu agar mendapatkan akses saluran air bersih secara gratis.

“Perencanaannya sesuai dengan perencanaan PDAM, jadi kita membantu PDAM dan masyarakat. Masyarakat itu memperoleh sambungan air ke rumah secara gratis, dan langganan airnya nanti ke PDAM. Jadi kita membangun jaringan dari resevoair ke rumah- rumah warga pelanggan PDAM, ” ujarnya.

Selain ke enam SPAM tersebut, ada juga SPAM dari Pamsimas dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) yang bekerja sama dengan BP SPAM Desa sebagai pengelola. (Ita/Mifta)