Dinpermades Mulai Menerima Pencairan Dana Desa

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Setelah semua Peraturan Bupati atau (Perbub) rampung di sosialisasikan ke Desa-desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( Dinpermades ) sudah mulai melakukan persiapan untuk menerima pencairan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD).

Kepala Dinpermades Kabupaten Rembang Sulistiyono mengatakan, sosialisasi Perbup sudah selesai dilakukan Sabtu kemarin. Menurutnya proses pencairan dana desa tidak ada perbedaan dengan tahun kemarin.

Razia Gabungan Jelang Lebaran, Petugas Temukan Kendaraan 1 Bus Melanggar

Saat ini, proses pencairan DD maupun ADD, baru sampai ditingkat kecamatan untuk menjalani proses verifikasi. Jika Perdes, APBDes tidak bermasalah maka proses pencairan akan segera cair.

“Dari awal kita sudah siap, cuman desa yang belum siap. Ini sudah sampai Kecamatan proses verifikasi. Tidak ada perbedaan dengan tahun kemarin. Persyaratan sama, cukup Perdes APBDes, dai desa, ketika rampung langsung mengajukan. Tahun ini bisa bareng Dana Desa, maupun Alokasi Dana Desa,” jelasnya.

Selain Dana Desa, menurut Sulis pihaknya juga mengaku siap memproses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD), jika Desa siap mengajukan.

Untuk proses pencairan tahap pertama 20 persen, dengan target bulan Maret sudah selesai. Sedangkan ADD pencairan tahap pertama besarannya mencapai 50 persen, dengan target selesai bulan April.

Dana Desa penggunaannya untuk kegiatan dan pembangunan, sedangkan ADD untuk belanja pegawai perangkat desa. ( Asmui / Mifta )