De Kampoeng Alternatif Wisata Edukasi di Rembang

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Jika berkunjung di Rembang biasanya identik dengan wisata pantai, berenang dan bermain pasir, maka lain halnya jika anda berkunjung ke Dukuh Sugihan Desa Pulo Kecamatan Rembang. Ada hal menarik yang akan dijumpai disana, yaitu agrowisata buah naga De Kampoeng yang sangat cocok untuk acara liburan keluarga.

Mengusung tema wisata keluarga yang kekinian, berbagai wahana dan aktifitas bisa kita lakukan bersama anak-anak kita disaat libur sekolah. dengan lokasi yang dekat dengan kota dan biaya murah, tidak salah apabila De Kampoeng Rembang menjadi salah satu tempat favorit untuk berwisata bersama Keluarga.

Di atas lahan seluas sekitar 0,5 hektar, lokasi ini ditanami penuh buah naga. Buah yang berasal dari tanaman sejenis kaktus ini tumbuh subur dengan suhu tropis yang dimiliki Rembang.

Pemilik De Kampoeng Djoko Rismanto mengungkapkan Idenya berawal saat kunjungannya ke Kabupaten Banyuwangi. Ia melihat banyak buah naga yang ditanam didaerah sana. Merasa penasaran dirinya bertanya kepada warga setempat mengenai manfaat dan keunggulan buah naga.

Kemudian muncul ide untuk menanam buah tersebut dilahan yang dimilikinya. Dengan persetujuan orang tua walaupun tanpa memiliki ilmu pertanian dia memberanikan diri membeli 2500 bibit buah naga untuk ditanam di lahannya.

“Pada saat perjalanan di Banyuwangi, kanan kiri jalan penuh ditanami buah naga. Kemudian saya bertanya apa sih keunggulan buah naga antara lain adalah sekali penanaman bisa berproduksi selama 20 sampai 25 tahun, kemudian ada sisi manfaat yang luar biasa kemudian disini saya timbul ide bagaimana dengan tanah yang ada kalau ditanami buah naga,” jelasnya

Sempat ditolak oleh pasar saat hendak menjual buah naga yang dimilikinya karena ukurannya lebih kecil daripada yang dihasilkan dari daerah lain tidak menciutkan keinginannya untuk tetap berbisnis buah naga.

Dari penolakan itu malah muncul ide untuk membuat agrowisata buah naga di Desanya, dengan keyakinan buah naga yang dimilikinya menggunakan bibit unggulan. Ditambah proses penanamannya menggunakan pupuk organik tanpa menggunakan pestisida maupun bahan kimia lainya sehingga aman dikonsumsi.

Dengan modal itu dirinya memberanikan diri melangkahkan kakinya untuk membuka agrowisata dengan mengusung tema wisata keluarga yang kekinian. Selain memetik buah naga, agrowisata De Kampoeng menawarkan berbagai kegiatan dan manfaat.

“Disini pengjunung bisa menanam dan memetik buah Naga, Menanam Padi, Tanam dan Petik sayuran Organik, Kampoeng kelinci, Kampung tangkap ikan, Menggambar serta mewarnai dan tak ketinggalan spot foto yang menarik.”

Keberadaan De Kampoeng membuat Kita tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk berwisata bertema edukasi dan agrowisata. Pengunjung Cukup membayar Rp. 5000,- untuk masuk ke De Kampoeng, lebih bersahabat di kantong lo. ( Rendi/Mifta)