Cegah Pergaulan Bebas, Puskesmas Pamotan Adakan Konseling Keliling

oleh
Kepala Puskesmas Pamotan yang sedang melakukan konseling kepada para pelajar SMP di Pamotan

PAMOTAN – cbfmrembang.com, Puskesmas Pamotan mengadakan konseling bagi murid yang membutuhkan perhatian lebih, yang duduk dibangku sekolah SMP.

Hal tersebut dilakukan untuk menyikapi kasus bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

Kepala Puskesmas Pamotan dr Nur Khotib mengatakan, kegiatan dilaksanakan tanpa budget anggaran.

Tujuannya adalah untuk mencegah agar anak terhindar dari bahaya narkotika. Konseling juga dilakukan langsung secara empat mata.

“Seperti filosofi didirikannya Puskesmas adalah untuk upaya preventif yang jauh lebih murah dari pada upaya kuratif maka kami punya ide untuk anak-anak yang belum terlibat dan berpotensi terlibat, kita konseling secara khusus, kita bina, kita rangkul agar mereka tidak tercebur dalam dunia pergaulan bebas,” terangnya.

Ia menambahkan, konseling tidak diberikan semua murid secara umum, namun hanya murid yang Butuh Perhatian Lebih.

“Hal ini agar konseling bisa lebih efektif dan efisien. Dilakukan langsung secara empat mata agar murid bisa lebih terbuka sehingga permasalahan bisa ditemukan dan diselesaikan,” jelasnya.

Murid yang membutuhkan perhatian lebih adalah murid yang punya catatan di sekolah sering membolos, suka merokok, pacaran dan yang punya catatan negatif secara berualang.

Dari hasil konseling dengan beberapa siswa, permasalahan yang paling banyak dialami ialah merokok dan berpacaran.

Kegiatan konseling sudah dilakukan di tiga SMP, sejak bulan Juni ini. Sedangkan jumlah pelajar yang sudah mendapat konseling ada 85 anak. ( Ita / Mifta )