Capaian KB Implan Kecamatan Pamotan masuk 3 Besar

oleh

Pamotan – cbfmrembang.com, Selain KB suntik, dalam kurun waktu beberapa tahun ini capaian pengguna KB implant di Kecamatan Pamotan cenderung meningkat.

Kecamatan Pamotan masuk 3 besar pengguna implant terbesar, diantara Kecamatan Gunem, Pamotan dan Kragan.

Kepala UPT PPKB Pamotan Herman Wahyu Prasetyo melalui petugas PLKB Teguh Dwi Ardianto menyampaikan, untuk peserta KB implan perkembangannya meningkat pesat dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini.

Data PPKB awal tahun 2018, dalam 4 bulan ini tercatat implant setiap bulannya bertambah. Pada periode Februari hingga Mei, ada 38 peserta KB yang memilih menggunakan susuk.

“Pada bulan Februari 2 orang peserta baru, 11 peserta di bulan maret, 36 peserta dibulan April dan bertambah lagi di bulan Mei menjadi 38 peserta Baru” bebernya.

Teguh menyebutkan efek samping KB implan alias KB susuk yang paling lazim adalah perubahan pada siklus menstruasi. Disamping ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan KB ini.

“Namun Jangan khawatir, tidak semua pengguna KB implan akan mengalami efek samping. Bahkan, efek samping KB susuk ini biasanya akan membaik dan lama-lama menghilang seiring waktu,” Ungkapnya.

Untuk meningkatkan minat program KB di Kecamatan Pamotan, UPT PPKB setempatmelibatkan 112 petugas untuk menjaring peserta.

Sejalan untuk mensosialisasikan program KB dalam rangkaian memperingati Harganas rencananya tanggal 9 Juni nanti akan digelar jamboree Institusi masyarakat pedesaan di gedung haji dan kecamatan pamotan akan mengikutsertakan 23 PPKBD dan 58 sub PPKBD. (Affandi/Mifta)