Bulan Ramadan, Volume Sampah Diprediksi Meningkat

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Diperkirakan produksi sampah di bulan Ramadhan, akan bertambah, seiring dengan meningkatnya sifat masyarakat yang konsumtif.

Asisten Pemerintahan Setda Rembang – Achmad Mu’alif berharap masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya. Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menambah frekuensi mengangkut sampah ke TPA.

“Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan secara rutin mengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir. Masyarakat untuk mengelola sampah dengan cara dikemas dikantongi plastik, sehingga memudahkan dalam pengangkutan. Karena pengambilan sampah dari tempat sampah tidak lagi hitungan hari melainkan sudah hitungan jam,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten Rembang – Waluyo menjelaskan aturan hukum yang digunakan Pemkab Rembang untuk menjerat pelanggar pembuang sampah sembarangan masih lemah.

“Karena berdasarkan peraturan daerah (perda) nomor 6 tahun 1977 tentang kebersihan, keindahan, kesehatan, ketertiban dan keamanan pelanggar perda hanya dijatuhi sanksi pidana 1 bulan dan denda 10 ribu,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan pihaknya saat ini tengah menggandeng UNS Surakarta dalam penyusunan naskah akademik untuk merevisi Perda nomor 6 tahun 1977.(Masudi/Mifta)