Buka Job Fair, Bupati Optimis Pengangguran Berkurang Maksimal

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com Ratusan pemalar kerja mendatangi Job Fair di gedung Balai Kartini Rembang, Kamis (21/3/2019). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Rembang H.Abdul Hafidz itu berlangsung dua hari.

Bupati berharap event job fair sangat penting untuk menbantu warga dalam mendapatkan pekerjaan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS)

Berdasarkan data yang dirilis BPS tahun 2018 tingkat pengangguran angkatan kerja terbuka ada 2,8 atau 2,7 atau sekitar 10 ribu orang. Sedangkan peluang kerja dalam job fair kali ini , ada 12 ribu lowongan.

“Kalau pengangguran angkatan kerja di Rembang ikut job fair semua, maka angka pengangguran angkatan kerja sudah zero (nol-red), ” ujarnya.

Untuk itu Bupati berharap masyarakat yang belum bekerja bisa memanfaatkan kesempatan yang baik ini. Berbagai formasi lowongan mulai dari perusahaan dari Rembang sendiri, luar kota hingga luar negeri ada.

Bupati yakin minat mencari kerja warga Rembang sangat tinggi. Ia mencontohkan ketika pabrik sepatu PT.Sengdam Jaya membuka lowongan kerja , dalam dua hari sudah ditutup karena membludaknya pelamar, dari 500 lowongan di tahap pertama ini, dalam dua hari pelamar sudah mencapai 3500 orang.

Ada sekitar 28 perusahaan yang membuka stand dalam job fair tersebut. Mulai dari Perhotelan, perusahaan di bidang tekstil, pengolahan hasil laut, sampai dengan perbankan dari Rembang sendiri dan dari luar kota. Untuk job fair kali ini tidak hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA sampai S1 saja. Tetapi ada juga perusahaan yang menerima lulusan SMP. (Ita/Mifta)