BPKP Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan Dana Desa Dengan Siskeudes

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau (BPKP) Provinsi Jawa Tengah Rabu pagi (11/07/2018) menggelar workshop evaluasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes di pendapa kompleks museum Kartini Rembang. Workshop diikuti seluruh kepala desa se Kabupaten Rembang.

Dalam sambutannya, Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan, sesuai dengan Undang-undang No 06 tahun 2014 tentang desa, bahwa pemerintah daerah punya kuwajiban untuk melakukan pembinaan, dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Pembinaan dan pengawasan yang dimaksud meliputi, penerbitan dan peraturan daerah, Peraturan Bupati, Keputusan Bupati, serta juklak juknis tentang pemerintahan desa.

“Sesuai dengan Undang – undang No 06 Tahun 2014 tentang desa, bahwa Pemerintah Dearah Kabupaten Rembang punya kuwajiban untuk membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan desa. Diantaranya pembinaan dan pengawasan yang dilaksanakan oleh meliputi penerbitan dan peraturan daerah, Peraturan Bupati, Keputusan Bupati, juklak juknis pemerintahan desa. Pengawasan pengelolaan keuangan desa, dan pendayagunaan aset desa. Dan melakukan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa,” kata Bupati.