Belasan Produk UKM Rembang Hiasi Galeri Bandara Ahmad Yani

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Belasan produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rembang dipanjang dan dijual di galeri UKM Bandara Ahmad Yani Semarang. Produk unggulan tersebut meliputi Kopi dan batik khas Rembang dan mulai dipamerkan sejak pertengahan bulan tahun ini.

Kepala bidang Koperasi dan usaha mikro Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindakop) Kabupaten Rembang Idha Hayu Megayati mengatakan, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng memberikan fasilitas Galeri UKM untuk para pelaku UMKM se Jawa Tengah. Dengan tujuan agar produk unggulan disetiap daerah dapat dikenal orang luar daerah hingga manca negara.

Galeri UKM Jateng menempati lahan seluas 115 meter persegi. Sebelum masuk ke galeri, produk tersebut harus melewati proses uji kelayakan untuk memastikan kualitas produk sebelum jatuh ke tangan konsumen. Untuk Rembang dirinya menyebutkan ada 12 produk Kopi dan 3 produk Batik yang lolos untuk menghiasi galeri UKM.

“Sebelum ngisi disitu kan diuji dulu dan dites dulu, dan kebetulan untuk Rembang ini Kopi lelet dan Batik tulis Lasem. Ada 12 produk Kopi dan 3 produk Batik yang lolos untuk menghiasi galeri UKM,” terang Idha saat dihubungi CBFM.

Dirinya menambahkan setelah produk kopi dan batik tulis Rembang sukses, akan dilanjutkan dengan produk dari UMKM Rembang lainnya. Dan fasilitas tersebut diberikan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng secara gratis.

“Untuk anggaran ini mungkin pameran akan sampai akhir tahun, itu kan anggaran dari Provinsi. Semoga kegiatan ini sampai selamanya difasilitasi standnya, karena kan kalo UKM disuruh bayar sendiri mahal juga,” imbuhnya.

Ia berharap dengan adanya fasilitas ini kualitas produk UKM Rembang dapat meningkat dari sebelumnya, mulai dari pengemasan hingga kualitas produksi. Setelah produk ini akan berlanjut untuk produk lain, jika dirasa cukup bagus nanti. (Rendi / Mifta )