Baru Sehari disortir, 790 Lembar Surat Suara ditemukan Rusak

oleh
Ketua KPU Rembang saat menunjukkan surat suara yang rusak

REMBANG – cbfmrembang.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang mulai Rabu (20/02/2019) kemarin mulai melakukan penyortiran dan pelipatan suarat suara. Untuk tahap pertama, surat suara yang dilipat yaitu untuk Pemilihan Presiden, dan Wakil Presiden pada April 2019. Setelah surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden selesai, giliran surat suara untuk Pileg yang akan disortir dan dilipat.

KPU melibatkan 100 orang tenaga pelipat yang terdiri dari warga sekitar kantor KPU, yang sudah cukup umur, atau sudah berusia 17 tahun.

ARAK-ARAKAN JALUR PANTURA REMBANG DIALIHKAN

Pelipatan dan penyortiran surat suara bertempat di Gedung Bulutangkis Desa Kabongan Kidul melibatkan semua pihak terkait, termasuk pegawai KPU, Bawaslu, dan petugas keamanan setempat.

Ketua KPU Rembang M Ika Iqbal Fahmi mengatakan, baru sehari dilakukan pelipatan ditemukan, 790 lembar kertas surat suara untuk pemilihan Capres dan Cawapres rusak.

Kerusakan meliputi 432 lembar sobek, 104 lembar kusut, 2 lembar potongan lebih, 17 lembar kurang separuh, dan 227 lembar terdapat bercak tinta.

“Untuk sortir dan pelipatan kita mulai hari ini (20/02/2019 kemarin red). Hari ini kita mulai surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Dengan melibatkan 100 orang tenaga sotrtir dan pelipat. Kalau untuk surat suara Pilpres kita targetkan 3 hari selesai,” jelasnya.

Leni salah satu tenaga asal kecamatan kota mengaku tidak terlalu kesulitan untuk melipat kertas suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Karena, hanya dilipat satu sampai dua kali.

Ibu rumah tangga yang sehari-hari dirumah itu mengaku senang dengan pekerjaan musiman itu. Karena, bisa membantu perekonomian keluarga.

“Gak sulit, pelipatan cuman dilempet satu kali, jadi gak terlalu sudah. Saya setiap hari dirumah, ya senang dengan adanya kegiatan ini,” katanya saat ditemui wartawan.

Karena tidak terlalu sulit, setiap satu kertas surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang terlipat, pekerja mendapatkan upah Rp 60. Setelah dilipat, surat suara akan dibendel, perbendel 25 surat suara. Jumlah surat suara untuk Pilpres secara keseluruhan 497.803 lembar. Pelipatan sendiri ditargetkan akan rampung dalam 3 hari kedepan. (Asmui/Mifta )