Bakso Ayam Kuliner Tersembunyi Asli Rembang

oleh

REMBANG-cbfmrembang.com, Jika mendengar kata bakso pasti yang terbayang adalah daging sapi yang digiling dan bulat. Namun di Desa Tasikagung kecamatan Rembang tepatnya di depan pintu masuk Pelabuhan Perikanan (PPP) terdapat penjual bakso yang unik yaitu namanya Bakso Ayam.

Meskipun namanya bakso ayam dalam porsinya tidak ada bulatan-bulatan bakso yang seperti biasanya. Isian porsinya yaitu Bihun, irisan koll, dan yang utama potongan ayam kampung yang besar. Hal itu menjadi keunikan tersendiri dari kuliner yang satu ini.

Untuk rasanya sangat unik, kuahnya hampir mirip kuah bakso dikombinasikan dengan potongan ayam kampung yang sudah dimasak dalam bumbu rempah. Jadi bisa terbayang perpaduan kuah bakso dan ayam kampung menciptakan rasa gurih dan nikmat dilidah.

Penjual Bakso Ayam Mohammad Ali Hasim berujar sudah hampir 10 tahun berjualan bakso ayam di Desa Tasikagung kecamatan Rembang. Hingga kini dirinya memiliki pelanggan tetap yang selalu memborong dagangannya.

“Harga seporsi bakso ayam dipatok dengan harga Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 tergantung tambahan isi ayamnya. Dalam sehari dirinya bisa menghabiskan 15 ekor ayam dengan porsi sebanyak 170 hingga 175 mangkok bakso ayam.”

Karena rasa kuahnya yang nikmat terkadang para pembeli minta menambah isian porsinya. Ia mengatakan menurut para pembeli bakso ayam miliknya lebih mantab daripada bakso ayam yang lainnya.

Sebenarnya kuliner bakso ayam ini merupakan makanan yang lahir di daerah Rembang. Namun bakso ayam belum sepopuler lontong tuyuhan yang menjadi ciri khas kuliner Rembang. Di daerah aslinya sendiri di wilayah Kecamatan Kragan banyak dijumpai penjual bakso ayam. Bahkan Makanan tersebut sudah menjadi ciri khas daerah Kragan.(Rendi/Mifta)