Asyiknya Camping di Pantai Caruban

oleh

LASEM-cbfmrembang.com, Kabupaten Rembang memiliki pantai yang sangat panjang yaitu, sekitar 63,5 kilometer. Terdapat banyak wisata pantai yang tumbuh menjadi obyek wisata favorit baik dalam maupun wisatawan luar kota, salah satunya pantai Caruban yang terletak di Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem.

Pantai yang satu ini ternyata kini mulai diminati anak-anak muda untuk bercamping (dibaca berkemping) atau kemah. Yang terbaru puluhan anak muda yang tergabung dalam Club Motor Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) Chapter Kudus menginap semalam disana.

Berjarak sekitar 500 meter dari jalan pantura, pengunjung lebih dulu disuguhi pemandangan tambak udang maupun tambak garam sebelum sampai di pantai. Tiket masuk disana pun sangat bersahabat dengan kantong, kita cukup membayar Rp.3000 saja.

Dedi Purnomo Ketua club motor YVCI Kudus mengakui camping di Pantai Caruban sangat menyenangkan, selain fasilitas yang memadai pantainya terbilang bersih. Disana para pemilik warung juga menyediakan genset jika pengunjung membutuhkan.

Tak hanya itu saja, bagi yang ingin camping namun tidak ribet, juga bisa memesan makanan atau minuman kepada warung- warung yang ada disana. Bahkan jika dikehendaki mereka juga siap buka 24 jam.

Fasilitas toilet dan kamar mandi yang ada disana , membuat mereka yang berkemah tidak khawatir .

“Saat kami bersama 50 anggota melaksanakan biker camp di pantai caruban, sangat senang. Disana pantainya bersih, aman juga. Ya cukup bayar setiap motor Rp.3000, – saja dan untuk biaya menginap dan ibaratnya kebersihan Rp.150 ribu saja, sangat rekomended sekali,” ungkapnya.

Banyaknya pohon cemara di sepanjang pantai juga membuat kita merasa teduh dan nyaman menikmati malam disana.

Meskipun tidak bisa melihat sun rise (sun rais) secara penuh, suasana pemandangan pagi hari di Caruban sangat menyejukkan hati.

Ngatini salah satu pemilik warung di pantai Caruban mengaku senang semakin banyak yang berkemah, yang otomatis dapat menambah pendapatannya. Iapun siap menyediakan berbagai kebutuhan pengunjung, mulai dari konsumsi hingga genset.

“Sering mas sekarang ada yang kemah disini. Saya selaku pedagang ya seneng. Kalau yang kemah ingin pesen makanan kita bisa, tergantung mereka. Kita juga siap buka sampai pagi kalau diminta yang kemah,” ungkapnya.

Menikmati alam memang saat ini menjadi suatu kebutuhan tersendiri bagi sebagian orang, dengan berbagai cara. Dan bagi anda yang suka camping, mencintai alam dan suka menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman di akhir pekan, tidak ada salahnya anda mencoba camping di pantai caruban. (Ita/Mifta)