54 Desa Merah Jadi Sasaran KKN Tematik

oleh
Ketua TP.PKK kab Rembang Hj. Hasiroh hafidz memberikan arahan pada rakor persiapan kegiatan fasilitasi kemitraan KKN DI Sanggar budaya.

Rembang – cbfmrembang.com, Dalam rangka percepatan penurunan angka kemiskinan di Rembang, Pemerintah setempay melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan kegiatan pendampingan dan kemitraan kuliah kerja Nyata (KKN) tematik mahasiswa dengan perguruan tinggi.

Kepala Bappeda Dwi Wahyuni Hariyati dalam Rapat koordinasi persiapan kegiatan fasilitasi kemitraan KKN tematik mahasiswa Perguruan tinggi dalam rangka pengentasan kemiskinan di desa merah belum lama ini mengatakan, ada 54 daftar desa merah di 10 kecamatan menjadi sasaran KKN 2018.

“Ada 54 daftar desa merah lokasi KKN, yang tersebar di 10 kecamatan meliputi Kecamatan Sale 4 desa, Kecamatan Bulu 3 desa, Kecamatan Kragan 1 desa, Kecamatan Sarang 10 desa, Kecamatan Sedan 11 desa, ditambah Kecamatan Pamotan 7 desa, Kaliori 4 desa, Sumber 7 desa, Sulang 4 desa serta Kecamatan Rembang 3 desa,” Ungkap Dwi Wahyuni.

Dwi Wahyuni menyebut, untuk mendukung kelancaran kegiatan dan target, serta berjalan lebih optimal, pelaksanaan kegiatan pendampingan KKN telah dikeluarkan SK No. 050/1538/2017 tentang penetapan prioritas organisasi perangkat daerah (OPD) pendampingan desa merah tahun 2018-2019,

“Pada pelaksanaan KKN kali ini ada 5 Perguruan tinggi yang sudah siap mengalokasikan kegiatan KKN di desa merah kabupaten rembang, meliputi IPB, UGM,UNDIP, UNISULA dan UMK,” Ujarnya.

Sementara iru Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Rembang Hj Hasiroh HAfidz dalam pengarahannya mengatakan, pihaknya berharap kepala desa yang menjadi lokasi KKN dapat melibatkan tim penggerak PKK untuk mensinkronkan program kerja untuk diberdayakan.

“Keterlibatan TP PKK desa sangat penting, agar nantinya bisa membantu dan mendorong peningkatan perekonomian warga , mengurangi angka kemiskinan, sehingga ibu-ibu nantinya bisa mandiri membantu ekonomi keluarga,“ Pungkasnya.(Affandi/ Mifta)