10 Grup Thong – thong lek Lolos Final

oleh

REMBANG – cbfmrembang.com, Festival Thong – thong lek yang digelar Pemerintah Kabupaten Rembang Selasa malam (12/06/2018), sukses diikuti 26 peseta.

Kesepuluh peserta yang dinyatakan lolos ialah, New Ganepa Gegunung Kulo, Al Buser Grajen Bobota Famili Tawangsari, New Grankfrat Waru Utara, Guwe dari Gegunung Wetan, dan Bango Ngotet.

Selain itu, Al Densa Waru, Gondorase Banyudono, Muncar Pacar, serta New Elben Gunungsari Pendem juga masuk daftar peserta final.

Tiga dewan juri yang ditunjuk terdiri dari Gitung Sugianto dan Aryo Eko. Keduanya dari Unes Semarang. Tak ketinghalan Putut Sulasmono dari Kabupaten Pati juga ambil bagian untuk melakukan penilaian.

Start diawali dari perempatan rumah dinas Kapolres, dan finish di kompleks gedung haji Rembang.

Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam sambutannya mengatakan, festival sudah menjadi tradisi yang diselenggarakan pihaknya.

Karena, Thong – thong lek memiliki nilai historis, ekonomis, dan sosial yang sangat luar biasa.

“Thong – thong lek tradisi yang menjadi budaya dan kebiasaan untuk diselenggarakan oleh pemerintah agar tetap lestari. Karena punya nilai historis, okonomis, dan sosial. Karena kita pandang punya nilai, maka tidak ada alasan pemerintah untuk melaksanakan dengan mengevaluasi dari tahun ke tahun,” jelasnya.

Bupati menambahkan, ia sudah mengintruksikan penilaian festival Thong – thong lek tahun ini, dan seterusnya, akan mengedepankan nilai filosofis, historis dan tradisional.

“Kalau dulu, tradisi sudah bergeser karena sudah didominasi oleh modifikasi musik medern, sehingga menghilangkan nilai filosofis dan historisnya. Maka mulai tahun ini akan saya perintahkan nilai itu jangan sampai hilang. Nanti Thong – thong lek trafisional akan menjadi penilaian yang utama,” tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Rembang Dwi Purwanto mengatakan, festival Thong – thong lek membawa misi melestarikan tradisi lokal, untuk menuju Rembang Madani.

“Pada tahun ini kita mengambil tema dengan festival Thong – thong lek 2018 kita wujudkan Rembang Madani, dengan kesenian tradisional,”bebernya.

Peserta yang lolos final, dan akan dipentaskan pada Rabu malam 14 Juni 2018, di kompleks stadion Krida Rembang.

Peserta juara akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan. Untuk juara satu akan mendapatkan Rp 5 juta, juara dua Rp 4 juta, dan Rp 3 juta untuk juara tiga. ( Asmui / Mifta )